Negeri Dongeng
Kawah Putih Bayat

Letak Kabupaten Klaten sangat strategis. Berada di antara Solo dan Yogyakarta yang dikenal sebagai destinasi wisata internasional, Klaten juga menyimpan banyak potensi unggulan. Salah satu yang mendapat perhatian banyak wisatawan adalah Negeri Dongeng Kawah Putih Bayat.

Negeri Dongeng Kawah Putih Bayat terletak di Gajahrejo, Desa Talang, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Melalui tiga bukit gamping di area wisata ini, pengunjung dapat menikmati lanskap Kabupaten Klaten.

Keunggulan lain yang dimiliki adalah adanya miniatur tujuh keajaiban dunia yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan. Saat ini pengunjung sudah dapat menikmati keindahan miniatur patung Merlion yang menjadi ikon negara Singapura, serta menjadikan bukit Hollywood sebagai spot foto yang sangat cantik dan instagramable.

Selain menyuguhkan eksotisme Negeri Dongeng, pengelola juga sering mengadakan kegiatan untuk para pengunjung. Salah satunya adalah lomba joget Tik-Tok yang diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2020. Kegiatan bertajuk Lomba Tik-Tok Se-Solo Raya tersebut memiliki tujuan untuk menarik pengunjung.

Bisa dibilang Negeri Dongeng bukanlah destinasi wisata biasa. Selain menjadi tujuan wisata yang menyediakan berbagai wahana, kawasan perbukitan kapur di Negeri Dongeng juga berfungsi sebagai Laboratorium Geologi. Banyak Mahasiswa dan ahli geologi dari UGM, UPN, dan kampus lain melakukan penelitian geologi di kawasan Negeri Dongeng.

Ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampui, berkunjung ke Negeri Dongeng Kawah Putih Bayat dapat mendatangkan banyak keuntungan. Selain menghilangkan rasa penat yang disebabkan rutinitas kerja, anak-anak yang diajak berkunjung ke Negeri Dongeng diharapkan juga bisa mengenal alam lebih dekat.

Membayangkan Negeri Dongeng tentu orang akan langsung berimajinasi tentang cerita sejarah, mitos, hingga legenda. Keberadaan Negeri Dongeng memang tidak terlepas dari tiga hal tersebut. Daerah Klaten, Bayat pada khususnya sangat lekat dengan sejarah, mitos, dan legenda.

Banyak tokoh seperti Sunan Bayat, Pangeran Amangkurat, dan tokoh besar lainnya dalam sejarah memiliki hubungan yang sangat erat dengan destinasi wisata ini. Terlebih ketika pihak pengelola juga memberikan atensi yang cukup besar dengan menghadirkan miniatur tujuh keajaiban dunia, Negeri Dongeng sengaja mengemas tempat ini untuk memberi pengunjung pengalaman imajiner yang bersifat lokal, nasional, hingga internasional.

Untuk bisa menikmati keindahan Negeri Dongeng, pengunjung hanya dikenai tarif Rp 5000,-. Pihak pengelola akan segera melengkapi wahana yang ada dengan permainan dan petualangan anak, kolam renang, tempat pertemuan, hingga pusat kuliner.

Selain itu Negeri Dongeng juga berencana menyediakan rute menuju Bukit Cinta, Masjid Pandanaran, dan Rowo Jombor. Dengan demikian kawasan ini semakin multi fungsi. Bahkan dengan area seluas  kurang lebih 4 hektar yang dimiliki, penanaman pohon dalam jumlah besar untuk menjaga ekosistem kawasan juga akan segera dilakukan.

Tidak banyak tempat rekreasi yang dapat juga berfungsi sebagai wahana edukasi selain di Negeri Dongeng Kawah Putih Bayat. Hal itulah yang menjadikan kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih baik lagi dan patut mendapat perhatian masyarakat, lembaga terkait, serta investor yang ingin terlibat dalam pengembangan Negeri Dongeng Kawah Putih Bayat sebagai destinasi wisata yang mempesona dengan sejuta pengalaman berbeda.